Pelaksanaan Kegiatan Pendalaman Materi

Nama : Aradea Haikal Ikhwan [05]
Kelas  : IX-1

Pelaksanaan Kegiatan Pendalaman Materi

      Menjelang pelaksanaan UN biasanya siswa kelas 9 SMP melakukan kegiatan belajar tambahan yang sering disebut dengan pendalaman materi. Kegiatan pendalaman materi adalah suatu kegiatan dimana para siswa mengerjakan soal-soal latihan UN dengan didampingi oleh guru. Kegiatan pendalaman materi biasanya dilakukan setelah pulang sekolah selama satu jam lebih.

Kegiatan pendalaman materi ini direspon baik oleh para siswa maupun guru. Siswa diharapkan dapat lebih memahami materi pembelajaran yang akan masuk dalam UN. Selain itu kegiatan ini diharapkan dapat membuat siswa terbiasa dengan soal-soal yang sering muncul dalam UN. Hal ini sangatlah berpengaruh terhadap hasil yang akan dicapai pada saat UN.

Menurut beberapa sumber, kegiatan pendalaman materi dapat  membuat siswa lebih siap dalam menghadapi UN. Karena para siswa dilatih dengan soal yang cukup sulit, agar mereka lebih terbiasa dan dapat mengerjakan soal UN dengan baik dan benar.

Namun, ada beberapa hambatan dalam melaksanakan kegiatan pendalaman materi. Menurut pengamatan beberapa siswa, kegiatan pendalaman materi justru membuat siswa lelah. Karena kegiatan tersebut dilakukan pada sore hari dan kegiatan pendalaman materi juga akan mengganggu jadwal para siwa diluar sekolah, contohnya seperti bimbingan belajar.

Dengan melihat berbagai tanggapan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendalaman materi sangat penting dilakukan di sekolah. Kegiatan yang dilakukan siswa menjelang UN ini sangat efektif untuk membantu siswa dalam membiasakan diri dengan materi UN. Sehingga siswa dapat mengerjakan soal UN dengan baik dan benar.

Leave a comment